Selasa, Agustus 03, 2010

Cendana, Riwayat mu kini....

Deretan warung-warung di pinggir jalan Cendana uda pada di bongkar. Begitu yang ku dengar dari temen ku waktu dia ke Banjarmasin.
Ada di tipi juga berita satpol PP yang menggusur dan membongkar warung para pedagang makanan itu.

Mereka pasrah saja, apa begitu ya? Karena wacana ini sudah sejak lama digulirkan oleh pemerintah kota Banjarmasin, dan ketika hal itu benar-benar terjadi, membuat terhenyak para pedagang yang ada di sana.

Biarkan aku cerita sedikit kenangan ku di Cendana..

Selama tahun 2000 hingga 2005, waktu kuliah ku, tiap hari nglewatin warung-warung yang berjejer di pinggir jalan itu. Karena emang jalan terdekat buat menuju ke kampus.
Ingatan melayang, waktu dulu kalo uda urusan subsidi dari orang tua seret banget, pasti belanja makanan di Warung Cendana.
Temen-temen satu kos bahkan warga kos keseluruhan menggantungkan hidup dari makanan yang dijual disana. Secara ya, anak kos paling malas ribet buat masak. Na, kalo uda urusan perut laper, langsung deh beli makan disono. Bungkus, ato makan di tempat, sama asyik nya, karena kan yang menikmati makanan tu rame-rame.

Kalo uda pulang kuliah jam pertama, kira-kira jam 10an pagi, bakal bawa makanan bungkus ke kos. Begitu juga kalo kebagian jadwal kuliah siang, tetep aja beli makanan disana. Setiap warga kos punya warung paporit masing-masing. Ntar titipan anak-anak itu harus spesifik. Coba aku inget ya,
dulu Mba siti pernah nitip, tynn beliin makan ya di Warung Aulia, ayam tepung goreng paha, ga pake sayur, pake mie dikit, ga usah pake acar.
Trus Mery suka pesen nasi bungkus ayam goreng tepung dada yaa, ga pake sayur. Pake sambal ABC.
Begitulah rutin kita, tiap ada yang keluar dari kos entah untuk tujuan jalan-jalan ato kuliah, pasti ada yang nitipin buat beli makanan. Secara males jalan kaki keluar rumah buat makan. Begitulah seterusnya...

Ada warung paporit aku, Acil Rahmi, hehe.. disini menunya Nasi Pecel enak deh, ada ampal goreng, ato ampal jagung, sambel pedasnya suka banget. soalnya ni sambel bener-bener pedasnya, gag bo'ong-bo'ongan.. :)

Ada warung paporit Lia, Eka, di Aulia, mereka entar pesen menu ayam masak saos, pake mie dikit, pake acar.

Warung Paporit nya Yeyenk, di Rahmi deh, tapi kayaknya dia gag suka pake sambel. Gag nahan di perut nya.

Sampai sekarang, tiap2 kami ke Banjarmasin, kadang suka bernostalgila makan disana, yang memang uda akrab banget di lidah para mahasiswa, plus juga akrab di kantong. Murah meriah men.. Suer!

Kalo deket puasa Ramadhan, banyak warung yang gag beroperasi, alias tutup. Tapi ada aja sih warung yang nekad buka buat ngelayanin pembelinya. Disini serunya, kadang kan warga non Muslim kesulitan nyari makan, karena mereka pada tutup. Na, yang seru waktu ada razia satpol PP kalo ketahuan beli makan siang di bulan Puasa. Warung Sakadup deh jadinya...

Kalo di pikir-pikir, rata-rata penghasilan penjual makanan di tepian jalan Cendana ini beromzet besar. Bisa dibuktiin dengan tiap pagi dan sore hari, mereka tetep buka dan jualan.. artinya nasi pagi tadi uda habis terjual. Begitulah... Bahkan dulu seorang dosen pernah berkelakar, kalo mau makan murah di CFC aja, alias Cendana Fried Chicken.. hehe..

Akhirnya, officially done. Uda di bongkar, dan selesai. Untuk para alumni pecinta warung Cendana, bersiaplah untuk mulai merasa kehilangan. Karena suasana itu ga bisa di temui lagi ketika kalian kembali ke Banjarmasin...

Dan, buat para pedagang di tepian jalan Cendana, berbesar hati lah..
Karena rezeki uda ada yang ngatur..
Mungkin aja ntar kalo uda pindahan, bisa di bangun lagi rumah makan yang spesial dan tentunya tidak di kejar-kejar ma satpol PP lagi.

I Hope So...
Cendana in Memoriam...

2 komentar:

Yenk mengatakan...

aku kangen sm pecel rahmi, nasi aulia.....
hiks.....

tynn mengatakan...

iya, dimana nyari pecel rahmi ya?? jikalau pada tau tempat baru nya.. plis2.. kbar2in yaa..

My bizniz

banner daftar

Find this

Follow Me